Pagi hari merupakan awal hari tiap orang untuk menjalani aktivitasnya . Pagi hari biasanya selalu diselimuti fajar mentari, embun bening, hijau dedaunan dan suara kicauan burung yang berteriak meminta sarapan kepada tuannya. Adapun di televisi banyak acara siraman rohani disusul dengan tontonan berita-berita terkini. Di pagi hari bahkan selalu datang malaikat yang selalu mendo’akan kita.

Di waktu pagi kita akan membuka jendela dunia dan kehidupan, maka bersiaplah untuk melewati hari-hari tersebut dengan penuh keyakinan. Tentunya banyak kebiasaan berbeda di waktu pagi. Kadang ada yang berolahraga, apalagi  waktu pagi di akhir pekan. Membaca berita di koran, menonton berita di TV, membaca kitab suci, bahkan ada pula yang melanjutkan mimpi-mimpin semalaman tadi.

Bagi penulis, pagi hari merupakan waktu wajib untuk menyeduh kopi. Dengan kondisi apapun pagi itu datang, mendung, cerah, hujan, gerimis atau berkabut yang penting ada persediaan kopi. Ada beberapa alasan mengapa pagi hari penulis tidak boleh dilewatkan begitu saja tanpa ada kopi yang menemani hawa sejuk pagi hari, ini alasannya :

1. Selalu Ada Inspirasi

Menyeduh kopi tidak seperti menyeduh minuman lainnya. Menyeduh kopi di pagi hari kadang selalu timbul beragam inspirasi yang telah lama mengendap di dalam benak. Pikiran-pikiran yang tersumbat oleh kopi didobrak supaya keluar dan memancarkan inspirasi. Inspirasi memang harus dipantik oleh sesuatu hal. Dan memang banyak cara buat mendobrak inspirasi, tapi kalau boleh jujur minum kopi merupakan salah satu cara yang dapat memancarkan inspirasi kita.

2. Belajar Menyeimbangkan Kehidupan

Selain memancarkan inspirasi, pagi hari diawali dengan kopi juga bisa mengajarkan kita tentang bagaimana menjalani hidup secara seimbang alias proporsional. Ketika kita menyeduh kopi ada rasa manis dibarengi rasa pahit. Sebenarnya itu merupakan esensi kehidupan yang memang selalu begitu. Walaupun di dalam hidup ada rasa manis (senang) dan rasa pahit (susah) tapi kita tetap harus menikmatinya. Karena anugerah kehidupan ini diamanatkan oleh Tuhan kepada kita manusia-manusia yang terpilih.

3. Menenangkan Suasana

Jika dihayati, ternyata minum kopi di pagi hari dibarengi gorengan (yang ada cabenya) bisa menimbulkan suasana tenang di dalam diri. Itu yang biasa saya lakukan di pagi hari. Coba sobat Samar lakukan hal yang sama yaitu setelah memakan bakwan plus cabe kecil lalu disusul dengan kopi hangat, diri kita biasannya menjadi nyaman. Hangat.

4. Belajar Menahan Kesedihan

Mengapa saat menyeduh kopi di pagi hari membuat kita bisa belajar untuk menahan kesedihan? Saya analogikan kopi itu adalah sesuatu yang kita sukai saja. Kopi tersebut kadang tidak selamanya menemani kita. Dia habis dan meninggalkan kita, tapi kita tidak boleh bersedih di saat kopi itu raib. Hal ini mengajarkan pada kita bahwa yang namanya benda (harta) tak selamanya menemani kita. Hanya amal kebaikan yang akan menemani hingga ke alam baka.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa di waktu pagi harus selalu ada kopi. Di sini kopi bukan sekedar minuman saja, tapi juga ajaran kehidupan untuk mengawali pagi hari dengan susanan tenang dan harmonis. Bila tidak percaya, cobalah nanti!

Tinggalkan Balasan