Apakah teman-teman pernah mendengar tentang Kesehatan Mental? bukankan sudah tidak asing bukan? nah, untuk itu agar teman-teman lebih paham apa yang dimaksud dengan kesehatan mental,  langsung saja mari kita bahas tentang apa yang dimaksud dengan kesehatan mental .

Menurut Dr. Jalaluddin dalam bukunya “Psikologi Agama” mengatakan bahwa kesehatan mental merupakan suatu kondisi batin yang senantiasa berada dalam keadaan tenang, aman dan tentram, dan upaya untuk menemukan ketengan itu dengan cara penyesuaian diri dengan tempat dan masyarakat di sekitarnya.

Masalah kejiwaan yang sering dihadapi oleh seseorang yang sering mendapatkan reaksi negatif dari orang-orang yang berada di sekitarnya. Karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang gangguan jiwa. Tidak jauh berbeda dengan pandangan Islam tentang kesehatan mental atau gangguan jiwa dengan para ahli kesehatan mental pada umumnya.

Gangguan kesehatan mental merupakan kondisi dimana seorang individu mengalami kesulitan dalam menyesuaikan dirinya dengan kondisi di sekitarnya. Ketidak mampuan dalam memecahkan sebuah masalah sehingga menimbulkan stres yang berlebih menjadikan kesehatan mental individu tersebut menjadi lebih rentan dan akhirnya dinyatakan terkena sebuah gangguan kesehatan mental.

Kesehatan mental merupakan hal penting yang harus diperhatikan sebagaimana kesehatan fisik. Karena antara kesehatan mental dan kesehatan fisik sangat berkaitan. Apabila kesehatan mental pada diri seseorang itu bagus dengan otomatis kesehatan fisik seseorang tersebut akan merasa senang dan enjoy dalam melakukan sesuatu, begitupun dengan sebaliknya.

Apa saja dampak dari kesehatan mental tersebut? Dampak dari kesehatan mental yang terganggu sangat banyak, bisa menyebabkan stres, depresi, atau terjadi hal yang sangat buruk yang tidak diinginkan yang akan terjadi pada diri seseorang tersebut bahkan diluar dugaan.

Sebagai manusia kita diharuskan untuk saling menjaga perasaan orang disekitar kita, tentunya juga harus berbuat baik kepada siapapun dimana pun dan kapan pun. Karena kita tidak akan tau permasalahan hidup yang sedang dihadapi oleh nya. Kita juga harus selalu memberi dukungan atau energi yang positif untuk orang – orang di sekeliling agar kita bisa ikut merasakan energi positif yang keluar dalam diri seseorang tersebut.

Oleh : Afianda Ghinaya Aulia

Tinggalkan Balasan