Masalah memang menjadi suatu hal yang wajar terjadi dalam kehidupan. Tanpa masalah, hidup ini bagai teh kurang gula, kalo kata iklan mah “kaya gak ada manis-manisnya gitu…” Hehe. Mulai dari masalah yang ringan sampai yang rumit, ia selalu menempati rating tertinggi dalam hidup setiap manusia. Masalah keluarga, keuangan, masyarakat, bahkan masalah bucin-bucinan pun selalu jadi trending. Satu masalah terselesaikan, muncul buntut-buntutnya hingga beranak pinak. Rasanya memang tidak akan pernah berhenti sampai kamu menemukan garis finish dari hidup itu sendiri.

Masalah bukan sesuatu hal yang harus kita takutkan, ia hanya perlu dihadapi. Tapi kenapa dari kita banyak yang justru lari dari permasalahan hidup, meninggalkan permasalahan tanpa penyelesaian yang jelas? Karna memang permasalahan diciptakan sebagai tantangan dan sudah jelas bahwa tantangan tidak diperuntukkan hal-hal indah, ya walaupun kita juga sama-sama tahu akhir dari permasalahan ‘akan indah pada waktunya’ ceunah. Eaaakkkk

Semakin berani seorang pelaut membawa kapalnya ke tengah lautan, semakin banyak badai yang dihadapinya. Semakin ia terlatih, semakin mudah pula ia bisa mengatasinya. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan, tapi kita harus tahu bahwa seluas apapun lautan pasti akan ada daratan. Sebesar apapun masalah yang terjadi yakin bahwa jalan keluar ada di hadapan. 

Saya percaya bahwa ketika kita diberikan permasalahan dalam hidup berarti kita mampu menghadapinya dan sedang dilatih untuk tingkatan ujian selanjutnya. Hidup bukan diperuntukkan untuk manusia lemah, karena memang kita lahir kedunia ini pun karena kita kuat untuk mengalahkan jutaan bahkan milyaran pesaing dalam rahim ibu kita sendiri. Karena sejatinya ada Pencipta Yang Maha Kuat untuk menganugerahkan kekuatan itu kepada kita.

Allah SWT., berfirman, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, jangan Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Jadi janganlah pernah menyerah, kita harus yakin bahwa kita bisa menghadapinya. Dibalik besarnya suatu masalah tetap ada Allah Yang Maha Besar. Allah tidak pernah memberikan masalah hidup diluar batas kemampuan kita. Allah tau kita butuh ujian untuk meningkatkan kadar keimanan, mengangkat meninggikan level hidup manusia. Kita diberikan masalah karena Allah tahu kita mampu. Mampu menghadapi, mampu menemukan solusi hingga mampu mengambil hikmah dari tiap pengajaran diri.

Oleh: Aisy Ridha Nurul Haq

Editor : Rafi Tajdidul Haq

Tinggalkan Balasan