Kebersihan lingkungan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh setiap individu. Tak sedikit orang yang mengabaikannya dengan berbagai alasan. Dampaknya akan melebar kepada orang lain, bukan hanya pada dirinya. Kebersihan lingkungan dapat menentukan kualitas dan kesehatan seseorang. Jika lingkungannya bersih dan segar, maka kemungkinan besar kesehatannya pun akan baik. Apabila lingkungannya kotor dan kumuh, maka kemungkinan besar kesehatannya pun akan buruk.

Kebersihan lingkungan harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Karena dari diri sendiri akan menentukan yang lainnya. Jika seseorang mampu menjaga kebersihan dirinya, maka ia akan mampu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Sebaliknya, jika seseorang belum mampu menjaga kebersihan dirinya, maka ia akan mengabaikan lingkungan sekitarnya.

Kebiasaan hidup bersih perlu ditanamkan sejak dini. Dalam hal ini, peran orang tua berpengaruh sekali. Orang tua harus bisa menjadi contoh dan tauladan yang baik bagi anak-anaknya. Karena kebiasaan-kebiasaan orang tua sudah semestinya ditiru oleh anak-anaknya. Didalam pepatah pun dikatakan buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya. Jadi, jika orang tuanya membiasakan hidup bersih, maka anaknya pun akan terbiasa hidup bersih. Selain itu, orang tua juga berperan dalam membentuk kepribadian anak. Mau seperti apa anaknya nanti tergantung didikan orang tuanya di masa dini.

Didalam Islam, kebersihan sangat dianjurkan. Terdapat banyak hadis Nabi Saw. yang memerintahkan menjaga kebersihan. Salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abi Malik al-Asy’ari dia berkata, Rasulullah Saw. bersabda: “Kebersihan adalah sebagian dari imandan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan), dan bacaan subhanallahi walhamdulillah memenuhi kolong langit, bumi, dan shalat adalah cahaya dan shodaqoh adalah pelita, dan sabar adalahsinar, dan Al-Quran adalah pedoman bagimu.” (HR. Muslim). Berdasarkan hadis tersebut dapat dipahami bahwa Allah sangat menyukai kebersihan. Dengan demikian, jika kebersihan dijaga dan diperhatikan sudah tentu pahala akan didapatkan.

Diantara cara-cara dalam menjaga kebersihan lingkungan yaitu, pertama tidak mengotori sumber-sumber air. Air yang sudah tercemar akan menimbulkan berbagai penyakit. Islam sangat menganjurkan agar terpeliharanya air beserta sumber-sumbernya karena merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Kedua, menjaga kebersihan tempat umum. Tempat umum merupakan milik bersama, bukan milik pribadi. Sehingga menjaga dan menjamin kebersihannya merupakan kewajiban semua orang. Ketiga, menjaga kebersihan halaman dan rumah. Kebersihan lingkungan rumah akan menimbulkan suatu keindahan. Menurut Yusuf al-Qardhawi, orang Arab terdahulu merupakan suatu kaum yang mengikuti perilaku masyarakat Badui. Pada umumnya, mereka tidak memperhatikan kebersihan badan, pakaian, dan tempat tinggalnya sebagaimana yang dilakukan oleh masyarakat kota pada saat itu.

Selain kebersihan, Islam juga mengajarkan tentang kesucian. Hubungan antara kebersihan dan kesucian sangat erat dan tidak bisa dipisahkan meskipun keduanya memiliki makna yang berbeda. Bersih merupakan sesuatu yang menunjukkan pada hal yang terbebas dari kotoran. Sedangkan suci merupakan sesuatu yang menunjukkan pada hal yang terbebas dari najis dan hadas. Kebersihan dan kesucian sangat diperhatikan dalam Islam, baik yang tampak ataupun yang tidak, baik secara fisik ataupun non fisik.

Manusia dan lingkungan saling berkaitan dan saling memberi pengaruh yang besar. Lingkungan memberikan pengaruh yang bersifat pasif terhadap manusia. Sedangkan manusia memberikan pengaruh yang bersifat aktif terhadap lingkungan. Manusia dapat mengubah alam sesuai keinginannya. Sedangkan alam tidak memiliki kemampuan seperti itu. Namun, perlahan tapi pasti, apa yang terjadi pada alam akan berpengaruh pada kehidupan manusia baik secara langsung ataupun tidak langsung. Lingkungan yang bersih dan sehat akan menimbulkan dampak positif pada kehidupan manusia. Sebaliknya, lingkungan yang buruk akan memberikan dampak negatif pada kehidupan manusia.

Dengan demikian, kesadaran dan penerapan hidup bersih untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, segar, dan terhindar dari berbagai penyakit sangat perlu dilakukan. Semakin kita menjaganya, semakin indah mata memandangnya. Lingkungan kita, untuk dan oleh kita.

Oleh: Lisa Istianah

Tinggalkan Balasan