Ada prinsip moral yang perlu kita ketahui sebagai orang beragama. Dimana dalam Islam, dasar atau alat ukur yang menyatakan bahwa akhlak seseorang baik dan buruk adalah Alquran dan Sunah.

Apa yang baik menurut Al-quran dan Sunah itulah yang baik untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, apa yang buruk menurut Al-quran dan Sunah berarti tidak baik dan harus dihindari.

Sebagaimana dalam hadis Baihaqi dan Malik dijelaskan bahwa sesungguhnya Rasulullah diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Hadis Tirmidzi juga menjelaskan bahwa mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling baik akhlaknya.

Berakhlakul karimah perlu kita terapkan dan aplikasikan kepada semuanya, karena akhlakul karimah adalah suatu cerminan diri kita menjadi insan yang baik serta terpuji. Berakhlakul karimah bukan hanya kepada manusia tapi juga kepada Allah. Seseorang mencerminkan dirinya berakhlakul karimah jika ia mempunyai sifat yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti melaksanakan perintah Allah, selalu berkata baik, selalu bersyukur kepada Allah, saling tolong menolong sesama manusia, bertawakal dan ikhlas.

Banyak sekali di zaman sekarang sudah mulai menipis cerminan seseorang dalam berakhlak baik. Seperti dalam berbicara, terkadang tidak melihat dengan siapa ia berhadapan atau dengan siapa ia berbicara, bahkan kepada orang yang lebih tua ia menganggapnya seperti teman sebaya sehingga dengan seenaknya ia bersikap semena-mena, padahal seharusnta kita menghormatinya.

Pentingnya memiliki sikap dan sifat akhlakul karimah dimana pun kita berada dan kepada siapa pun kita bersikap, baik terhadap yang muda maupun yang lebih tua. Mari kita mulai menerapkan konsep berakhlakul karimah dimulai dari hal-hal yang kecil, seperti menjaga perkataan, menghormati yang lebih tua, menyayangi yang muda, dan  lain seterusnya.

Maka akhlakul karimah adalah akhlak yang baik. Semua manusia pasti memiliki akhlak ketika hidup di dunia. Akhlakul karimah merupakan sikap yang baik menurut ajaran agama Islam. Bagi seseorang yang akhlaknya baik akan selalu disenangi oleh sesamanya, bahkan jika ia melihat seseorang berperilaku sesuai dengan ajaran Islam sudah pasti baik di mata Allah. Dan suatu saat mereka akan masuk surga bersama Nabi Muhammad Saw seperti yang tertuang dalam HadiS Nabi Muhammad Saw sebagai berikut: “Sesungguhnya orang yang paling kucintai di antara kamu dan orang yang paling dekat denganku di Hari Kebangkitan adalah orang yang paling berbudi luhur di antara kamu.”

Oleh : Arika Yuliarti Choiriyah Sasmita

Tinggalkan Balasan