Bagi kawan-kawan yang berkecimpung di dunia per-layout-an (layouting) buku atau artikel untuk dicetak atau diterbitkan, Adobe Indesign merupakan aplikasi paling populer untuk digunakan. Bagi kita yang masih pemula ada kalanya kita tidak sengaja mengetik shortcut yang tidak kita inginkan. Sebab ada banyak sekali tombol shortcut yang ada di Indesign, dan sering berbeda dengan shortcut aplikasi yang sering kita gunakan ketika berhadapan dengan per-tulisan-an, contohnya Office Word.

Jika kita termasuk pemula ada kalanya kita tidak sengaja memencet tombol (Alt+Ctrl+i). Pengalaman penulis ketika itu ingin melalukan shortcut italic tetapi salah pencet yang sebenarnya ialah dengan memilih tombol (Shift+Ctrl+i). Akhirnya penulis ditampilkan penampakan yang cukup mengganggu sebab hadirnya tanda-tanda yang tidak harapkan tampil. Beberapa tandanya seperti icon warna biru tanda pagar, tanda paragraf, dan icon atau tanda-tanda lain. Sebenarnya icon tersebut tidak berpengaruh terhadap isi tulisan yang kita kerjakan. Tetapi cukup mengganggu jika orang tersebut tidak biasa terhadap tanda tersebut.

Tampilannya bisa kita lihat seperti pada gambar berikut:

Tampilan Show Hidden Character Adobe Indesign

Untuk menghilangkannya cukup mudah, yang perlu kita lakukan ialah dengan mengulang shortcut yang tidak sengaja kita aktifkan tadi yakni (Alt-Ctrl+i). Atau bisa memilih panel menu Type kemudian pilih Hide Hidden Characters seperti gambar dibawah:

Tampilan Hide Hidden Characters Adobe Indesign

Setelah itu hilanglah tampilan yang cukup menggangu tadi dan aktivitas peng-layoutan-an bisa kita lanjutkan dengan enjoy lagi. Untuk mengetahui fungsi dari tanda itu bisa kawan-kawan buka pada link berikut: https://helpx.adobe.com/indesign/using/editing-text.html

Semoga bermanfaat, special thank untuk pemilik blog andipanggeleng untuk rujukan tulisan ini.

Tinggalkan Balasan